Relax

Yuk, Buat Pesta Pernikahan Ramah Lingkungan

 

Jakarta – Sejak beberapa tahun ini, kampanye menyelamatkan lingkungan semakin sering digaungkan. Ingin ikut berpartisipasi? Untuk Anda yang akan menikah, kenapa tidak memulainya dengan membuat pesta pernikahan ramah lingkungan.

Tempat

Kebijakan memilih lokasi pesta pernikahan bisa dilihat dari tempat yang nyaman untuk didatangi para tamu dan meminimalkan penggunaan transportasi. Caranya, Anda bisa mengadakan upacara dan pesta pernikahan di tempat yang sama. Pilihlah tempat-tempat yang unik seperti galeri, restoran organik, kebun botanik, atau green-roofted building. Untuk mempercantik dekorasi di area outdoor pilihan Anda, ciptakanlah suasana alam yang natural, namun tetap bermakna romantis dan minimalis. Sebagai simbol mengurangi polusi udara, Anda berdua bisa memasuki area pesta yang asri tersebut dengan sepeda yang dihiasi bunga-bunga cantik.

Cincin

Mengenakan cincin bertatah berlian memang berbeda rasanya. Demi merayakan keabadian cinta, Anda bisa memilih cincin dengan model klasik, sehingga tak akan termakan zaman dan memungkinkan untuk diwariskan kepada keturunan Anda kelak, atau bahkan dilebur kembali. Ingin lebih menunjukan sikap ‘save our earth’? Teliti terlebih dulu apakah berlian tersebut berasal dari daerah yang bebas konflik atau daerah pertambangan yang aman.

Foto

Terlepas dari penggunaan kamera film ataupun digital, pastikan fotografer pilihan meminimalkan penggunaan kertas dan bahan kimia. Terpikirkah oleh Anda penggunaan album yang terbuat dari kayu pohon? Album kayu tersebut mengesankan keunikan, kedekatan terhadap alam, ramah lingkungan, ketimbang menggunakan bahan plastik atau sintetis. Untuk menghemat penggunaan kertas dalam mencetak, Anda bisa memilih foto-fotonya dulu atau mempublikasikannya melalui media elektronik seperti internet.

Undangan

Membuat undangan dengan bahan recyled, handmade, plantable papers yang diproses dengan chlorine-free dan dicetak dengan tinta berbahan natural akan membuat tema pesta kian meriah. Kurangi penggunaan kertas metalik, plastik, ataupun kertas dengan banyak karakter yang nantinya sulit didaur ulang. Cobalah menggunakan kartu undangan bebas kertas dan pohon, misalnya bambu atau cotton organic. Printer pun menggunakan kertas recyled. Atau gunakan saja postcard tanpa amplop. Undangan bisa juga melalui email blast, online invitations, atau wedding blog. Yang pasti, informasi tentang upacara dan pesta pernikahan sudah tersampaikan secara jelas dan tepat. Untuk melengkapi tema eco-friendly wedding, coba gunakan produk extra green paper untuk buku tamu dan thank you notes.

Dekorasi

Untuk dekorasi, gunakan bunga-bunga yang berwarna natural, seperti tracellium white, white dahlia, baby rose white, millet ‘Jewawut’. Anda juga bisa menggunakan dekorasi dari bahan-bahan seperti dahan-dahan atau ranting, rerumputan kering, biji-bijian hijau, berries (jenis buah-buahan arbei) atau tanaman hidup (bisa juga menggunakan jambangan). Jika pesta telah selesai namun bunga-bunga tersebut masih terlihat indah dan segar, bisa disumbangkan ke rumah sakit atau panti jompo.

Makanan

Manjakan tamu Anda dengan menikmati menu-menu yang menyehatkan. Tak perlu jumlah yang melimpah ruah, tapi yang penting adalah kebersamaan dalam menikmatinya. Boleh juga dipertimbangkan menu vegetarian. Lalu sebagai pelengkap, sewalah peralatan makanan yang bisa dibersihkan ketimbang menggunakan perlengkapan sekali pakai.

Suvenir

Untuk suvenir pernikahan yang ramah lingkungan, Anda bisa memberikan suvenir berupa tumbuhan kecil Agave (nanas mini), Kalancu, Africantjes dan daun-daun kecil mutiara. Percaya atau tidak, jenis-jenis tanaman tersebut memiliki filosofi pernikahan.

Selain bisa dibibit kembali sehingga bersifat everlasting, bisa juga dijadikan lambang dari kesuburan dan keabadian pernikahan. Agar tidak berkesan kotor saat diberikan, hindari pemberian media tanam berupa tanah melainkan gunakan cocopit (media tanam dari olahan serabut kelapa). Selain terkesan lebih bersih, juga lebih ringan untuk dibawa. Lalu untuk mempercantiknya, selipkan pita dan sertakan kertas kecil bertuliskan ‘Please take care of me’ atau bisa juga menggunakan kertas recycled yang berisi pesan-pesan bijak tentang kehidupan pernikahan. Suvenir lain yang bisa diberikan adalah barang-barang berbahan natural seperti gentong akar, sendok ataupun coaster kayu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top