Home

Dinas Lingkungan Hidup Deli Serdang Ikut Aksi World Cleanup Day

Indorelawan melakukan aksi Lubuk Pakam Clean-up

Spanduk World CleanUp Day Deli Serdang

(DLH Deli Serdang, 14 September 2018). Let’s Do It Indonesia adalah sebuah gerakan sosial yang mengajak setiap orang untuk berkontribusi membuat lingkungan menjadi lebih bersih melalui kegiatan bersih-bersih yang diadakan serentak di Indonesia. LDI Indonesia lahir dalam rangka mendukung gerakan bersih-bersih di seluruh dunia yang diinisiasi oleh Let’s Do It World (www.letsdoitworld.org). LDI World merupakan sebuah gerakan global yang resmi didirikan pada tahun 2008 di Estonia, dengan tujuan untuk melakukan “Gerakan Bersih-Bersih” di seluruh dunia. Saat ini sejumlah 113 negara turut serta mengambil peran dan telah melibatkan 16 juta relawan di seluruh dunia dalam berbagai proyek untuk membersihkan negara mereka dari sampah.

Sebagai negara yang menyandang predikat negara terpadat keempat di dunia, Indonesia pun ikut mengambil bagian dalam komunitas global ini. LDI Indonesia pertama kali diperkenalkan melalui sebuah acara Clean Up di Bandung pada tahun 2013. Semenjak saat itu, para Trash Warriors yang telah mengikuti konferensi LDI di Filipina, Turki, dan Estonia memulai berbagai projek untuk membersihkan sampah di berbagai daerah di Indonesia. LDI Indonesia juga turut bekerja sama dengan berbagai komunitas dan mengajak ribuan relawan untuk “bersih-bersih” di pulau-pulau terluar Indonesia.

LDI Indonesia saat ini menargetkan untuk melakukan lebih banyak lagi kegiatan bersih-bersih di berbagai daerah di Indonesia sebagai upaya dukungan target besar World Clean Up Day pada 15 September 2018 untuk melibatkan setidaknya 5% dari populasi atau sekitar 350 juta penduduk di dunia dalam mewujudkan perubahan di bumi.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang telah mendaftarkan event Lubuk Pakam Clean Up sebagai kegiatan relawan aksi World CleanUp Day melalui situs https://indorelawan.org/ . Dalam paparannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Deli Serdang, Ir. Artini S. Marpaung menggelar aksi bersih lingkungan perkotaan yang dinamakan dengan Lubuk Pakam CleanUp dengan mempertandingkan lomba pungut sampah yang diikuti oleh 13 tim relawan dari 13 desa/kelurahan yang ada di Lubuk Pakam.

Hasil pungut sampah tersebut nantinya akan dipilah. Sampah yang bernilai ekonomis akan dibeli langsung oleh Bank Sampah Sekip Jaya. Bagi kelompok relawan pungut sampah yang memperoleh nilai konversi sampah tertinggi akan mendapat bingkisan/hadiah yang menarik. Kegiatan ini diadakan pada Sabtu, 15 September 2018 berpusat di Lapangan Segitiga Lubuk Pakam. Kegiatan ini disamping bertujuan untuk menyemarakkan kegiatan World Cleanup Day, juga memicu tumbuhnya budaya pilah sampah bagi masyarakat kota. Karena sampah yang terpilah dengan baik akan mendatangkan keuntungan bagi masyarakat itu sendiri.

Berdasarkan laman situs https://www.worldcleanupday.org, sejauh ini sudah ada 140 negara yang mendaftar dan lebih dari 350 juta relawan yang akan melibatkan diri.

Ayo bergabung pada kegiatan World Cleanup Day melalui even Lubuk Pakam Cleanup.

Pastikan anda terlibat dalam even yang berharga ini.

DLH Deli Serdang World CleanUp Day

(SN, 14 September 2018)

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top