Agenda Kegiatan

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Kabupaten Deliserdang 2018

(DLH-Deli Serdang, 20 Agustus 2018). Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tingkat Kabupaten Deli Serdang yang bertemakan “Kendalikan Sampah Pelastik” yang digelar di Gedung Balairung Pemkab Deliserdang, Rabu (15/8/2018), berlangsung cukup meriah dengan menampilkan berbagai kegiatan.

Perayaan hari lingkungan hidup sedunia atau world environment day mengangkat tema “beat plastic pollution“. Yang dalam tema indonesia diterjemahkan menjadi “kendalikan sampah plastik”. Melalui tema “beat plastic pollution”, kita diingatkan bahwa polusi plastik saat ini telah menjadi ancaman. Banyak plastik yang tidak dibuang di tempat pembuangan sampah, tapi malah berakhir di lautan, yang ternyata itu membunuh jutaan burung laut dan ratusan ribu mamalia laut tiap tahun. Itulah alasan mengapa dalam peringatan tahun ini, selain tema di atas, ada jargon yang diusung yaitu “if you can’t reuse it, refuse it”. Jika anda tidak bisa menggunakannya kembali, maka anda tolak sampah plastik itu. 

Inilah beberapa cuplikan pesan hari lingkungan hidup yang termuat dalam Laporan Penyelenggara Kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang, Ir. Artini S. Marpaung. Lebih lanjut dalam laporannya, disebutkan bahwa kegiatan peringatan hari lingkungan hidup ini dilaksanakan sejak hari Selasa hingga Rabu 14 s/d 15 Agustus 2018, dan dihadiri oleh sekitar 1.000 orang undangan.

Adapun berbagai kegiatan yang menyemarakkan hari lingkungan hidup Kab. Deli Serdang 2018 antara lain:

  1. Lomba lingkungan hidup yang diikuti oleh 500 peserta didik se-kabupaten deli serdang dengan jenjang pendidikan dari sd/sederajat hingga slta/sederajat dalam 8 kategori lomba yang 7 kategori lombanya telah dilaksanakan pada selasa 14 agustus 2018 dan kategori lomba fashion show digelar pagi hari ini 15 agustus 2018
  2. Talkshow interaktif yang menengahkan topik yaitu “sampah antara peluang dan bahayanya”, dengan narasumber pengelola-pengelola bank sampah yang sukses juga dari unsur dinas lingkungan hidup propinsi sumatera utara
  3. Nonton bareng film “plastic in ocean”, yang menggambarkan kehidupan para biota laut yang telah mengkonsumsi mikroplastik yang berasal dari sampah plastik
  4. Pengujian emisi kendaraan dinas di lingkungan pemkab. deli serdang. kegiatan ini merupakan kampanye langit biru agar kendaraan dinas yang ada rendah emisi atau memiliki baku umutu emisi yang sesuai dengan ketentuan yang ada. bagi kendaraan dinas yang lulus emisi, akan ditempelkan sticker lulus emisi.
  5. Pemberian bibit tanaman pelindung dan produktif bagi sekolah-sekolah adiwiyata tahun 2018 di kabupaten deli serdang. hal ini dimaksudkan untuk memperbesar dan memperindah ruang terbuka hijau di sekolah-sekolah adiwiyata.

Dalam sambutan Bupati Deli Serdang, Bapak H. Ashari Tambunan  mengemukakan bahwa saat ini kita diperhadapkan pada permasalahan dampak dari peningkatan aktivitas dan kebutuhan manusia, yaitu  berupa penumpukan sampah plastik yang hingga kini perlu dilakukan tidak lanjut pengelolaannya secara cepat, tepat, dan ramah lingkungan. Hal ini sangat penting, mengingat sampah plastik merupakan benda yang tidak dapat terurai dalam jangka waktu yang lama, yang dapat mengakibatkan pencemaran.

Untuk meminimalkan dampak yang ditimbulkan tersebut, maka pengelolaan sampah mulai dari hulu sampai ke hilir dengan melibatkan seluruh stakeholder, sangatlah mutlak diperlukan. karena keberhasilan didalam penanganan sampah, bukanlah semata-mata menjadi tugas pemerintah saja, akan tetapi menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama, baik itu pemerintah, sektor swasta maupun seluruh elemen masyarakat.

Komitmen lainnya yang telah kita laksanakan dalam hal pengendalian laju timbulan sampah adalah dengan membangun dan mengembangkan unit-unit pengurangan dan penanganan sampah, hingga saat ini Kabupaten Deli Serdang telah memiliki dua unit tempat pemrosesan akhir sampah yang bersistem Sanitary Landfill di Kutalimbaru dan Controll Landfill di STM Hilir,”ungkap Bupati Deliserdang

 

(SN, 20 Agustus 2018)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top